News Update13 Mei 2015 10:51:03: One Moment of SMAK1 2015

Ngilmu Kaweruh LIVE IN 2017

Bookmark and Share
09 Januari 2018 - 13:35:29 Posted by mikhanugroho / Kategori : Pengumuman / Hits : 10
Ngilmu Kaweruh LIVE IN 2017

Ngilmu Kaweruh

LIVE IN 2017

DESA SUMBER, MAGELANG, JAWA TENGAH

            Live In merupakan kegiatan rutin dilaksanakan tiap tahunnya bagi siswa/I yang duduk di bangku kelas XII. Live In mengharuskan siswa/I untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan tempat tinggal, rutinitas, dan lingkungan sosial. Kegiatan Live In yang diadakan pada tahun ajaran 2017/2018 mengajak siswa/I untuk beristirahat dari kejenuhan kota dan menikmati udara pedesaan dimana setiap siswa/I dapat merenung dan lebih dapat menghargai apa yang sudah mereka punya agar dapat memiliki sikap yang saling menghargai, sopan, tekun dan bertanggungjawab atas perbuatannya. Kegiatan Live In tahun ajaran 2017/2018 ini dilaksanakan pada tanggal 2 November 2017 s/d 4 November 2017 yang bertempat di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

 

Keberangkatan

Rabu, 1 November 2017, pukul 19.00 terlihat siswa/I kelas XII berdatangan memenuhi aula dan berbaris rapi sesuai dengan bus masing – masing. Para siswa/I yang datang terlihat siap untuk melaksanakan perjalanan panjang dan kegiatan Live In selama tiga hari.

Rabu, 1 November 2017, pukul 20.00 siswa/I yang sudah di briefing bersiap – siap untuk menaiki bus mereka masing – masing. Perjalanan panjang yang ditempuh anak – anak selama kurang lebih 10 jam membuat para siswa/I tertidur lelap di dalam bus pada selama perjalanan.

 

Tiba di Desa Sumber (Hari pertama kegiatan)

Kamis, 2 November 2017, pukul 06.00 siswa/I telah menuruni bus dengan memegang amplop putih yang berisi rumah host parent masing – masing. Siswa/I berkumpul di lapangan hijau mencari pasangan serumah mereka. Pada saat sibuk mencari siapa pasangan serumahnya, datanglah panitia Gratia Desa Sumber  dengan mobil yang membawakan teh manis hangat, buras, dan gorengan untuk seluruh siswa/I yang ada. Setelah itu siswa/I diminta untuk berjalan ke gereja untuk mengikuti upacara penyambutan. Sesampainya di gereja siswa/I diberikan air mata air yang digunakan untuk membasuh diri dan diberikan juga janur yang merupakan sebuah tradisi penyambutan daerah setempat, dilanjutkan dengan sebuah kebaktian dan penyerahan para siswa kepada masing-masing host parent. Pada hari pertama ini, kami semua berkenalan dengan host parent dan dengan lingkungan sekitar kami. Siang harinya, kami membantu pekerjaan host parent dan melakukan kegiatan kreatif lokal di rumah kelompok masing – masing  dengan membuat makanan dari bahan baku ketela yang akan disuguhkan pada kegiatan sarasehan pada malam harinya. Dengan berakhirnya sarasehan, kami semua balik ke rumah host parent dan beristirahat untuk melanjutkan kegiatan pada hari esok.

 

Hari kedua kegiatan

Jumat, 3 November 2017 pukul 06.00 jam berbunyi membangunkan kami semua. Pada pagi hari kami mendapatkan jadwal untuk melaksanakan saat teduh selama kurang lebih 1 jam, setelah itu kami makan pagi bersama keluarga dan melaksanakan  kegiatan pada hari itu. Pada siang harinya, kami kembali beristirahat setelah bekerja dari pagi hingga siang hari, dan makan siang bersama keluarga masing – masing.

Jumat, 3 November 2017 pukul 13.00 kami satu dukuh berkumpul untuk mempersiapkan penampilan untuk malam harinya. Disana kami dapat mengenal macam sejarah, tarian dan budaya yang ada di tempat kami tinggal.

Jumat, 3 November 2017 pukul 18.00 kami satu angkatan bertemu kembali di balai desa untuk menunjukkan tarian budaya dari setiap dukuh yang ada. Disana kami sangat bahagia dan banyak yang melepas rindu dengan teman – teman lainnya karena terpisah antara dukuh yang berbeda. Penampilan tarian ini berlangsung selama kurang lebih 4 jam lalu, kami kembali ke dukuh masing – masing dan beristirahat kembali.

 

Hari ketiga kegiatan

Sabtu, 4 November 2017 pukul 06.00 sudah menjadi rutinitas kami untuk bangun pada jam 6 pagi untuk memulai hari dengan renungan bersama, lalu makan pagi dan bersiap – siap untuk kegiatan pada hari itu. Pada hari terakhir ini, kami semua akan melaksanakan “Jelajah Alam” dengan Dukuh masing – masing. Kami berkumpul di sanggar tari Dukuh Ngentak dan melaksanakan perjalanan menjelajahi hutan yang ada di sekitar dukuh. Disana kami melihat banyak pematang sawah, sungai, dan ada juga penambangan pasir yang sedang terjadi disana.

Jelajah Alam berakhir di dekat penambangan pasir dimana semua anak dari semua dukuh berkumpul dan mengakhirinya dengan berdoa dan memakan nasi doa yang telah disiapkan oleh panitia Gratia Desa Sumber. Setelah itu kami kembali ke dukuh masing – masing untuk packing dan berpamitan dengan host parent, berterima kasih telah menerima, merawat dan membimbing selama 3 hari disana, dan setelah itu kami melanjutkan ke gereja untuk mengikuti kebaktian pulang. Seusai kebaktian siswa/I  kembali ke bus yang sudah ditentukan dan kami memulai perjalanan ke Yogyakarta, kami berhenti di Malioboro untuk menghabiskan waktu disana, kami diberi waktu kurang lebih 3 jam disana, sebelum melanjutkan perjalanan ke Cirebon. Kami semua tiba di Cirebon pada Minggu, 5 November 2017 sekitar pukul 06.00 WIB, dan berakhirlah Kegiatan Live In tahun ajaran 2017/2018. (nn)

 

 

Tags : livein

Info Terkait


Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 173 + 1 = ?
Banner
Penerimaan Peserta Didik Baru 2018/2019, Dimulai!
PPDB SMAK PENABUR Cirebon: Hanya Pilihan Pertama
Lomba Paduan Suara Tk SD dan SMP Wilayah III Cirebon
SELAMAT HARI GURU
Online Support
Kepala Sekolahubrowsb
Administratoryohanesiskadarno
Tata Usahacs2
Chatting
Statistik Member
Member:372 Orang
Member Aktif:372 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:149616
Total Hits:779424