Berita

Kali ini Giliran Tim Matematika, sebagai Juara 2, Lomba Paper Math Modelling Competition dalam Actuarial Science Day 2020, Universitas Prasetya Mulya Jakarta
Berita Sekolah

Kali ini Giliran Tim Matematika, sebagai Juara 2, Lomba Paper Math Modelling Competition dalam Actuarial Science Day 2020, Universitas Prasetya Mulya Jakarta

SMAK Penabur Cirebon. Selamat dan sukses untuk siswa SMAK PENABUR CIREBON yang prestasi meraih juara 2 Nasional dalam “ Paper Math Modelling Competition Actuarial Science Day 2020”  Universitas Prasetya Mulya, yang berakhir pada tanggal 21 November 2020. Lomba ini merupakan pengalaman baru bagi siswa, karena membutuhkan ketrampilan rekayasa, uji coba, menulis dan presentasi, yang membuat seorang siswa tertantang. Kali ini adalah tim matematika yang di wakili oleh

1. Beatrice Amanda Gunawan kelas XI IPA 2 Unggulan

2. Elyssa Davina Giovanni kelas XII IPA 3 Unggulan

3. Ivana Iman Santosa kelas XII IPA 1 Unggulan

Salah satu perwakilan tim Beatrice menceritakan perjalanan lomba sbb :

 Kami diberi waktu dua minggu case release (Sampai 31 Oktober), untuk menyelasaikan progres paper (first draft paper) kami. Keesokan hari setelah pengumpulan first draft paper, kami difasilitasi oleh panitia untuk mengikuti workshop mengenai cara mengolah data untuk mendapatkan output yang dibutuhkan untuk membuat sebuah model.

Kami diberi waktu seminggu (sampai 7 November) untuk menyelesaikan paper dan merevisi paper. Dalam seminggu itu juga, kami harus mempresentasikan paper kami menggunakan PowerPoint lalu direkam dan dikumpulkan dalam bentuk google drive.

Kami menunggu sekitar 2 minggu (sampai 21 November) untuk mengikuti acara puncak ASD 2020 (Actuarial Science Day 2020). Hari itu juga pengumuman 7 besar yang masuk ke final, kami tidak diberi waktu persiapan khusus untuk persiapan. Jadi pada saat panitia mengadakan live di youtube, apabila video presentasi kami diputar, maka kami masuk final. Sesaat setelah pemutaran video selesai, dilakukan sesi tanya jawab oleh juri dengan media streamyard youtube.

Awalnya saya ditawari lomba paper ini oleh salah satu guru matematika saya. Dan waktu saya baca judulnya, wah lombanya tentang aktuaria nih. Sekarang ini kan aktuaria lagi bener bener booming banget, jadi saya ngerasa ini adalah salah satu kesempatan saya untuk cari pengalaman di bidang aktuaria. Untuk milih lomba paper ini sebenernya butuh waktu panjang untuk memberanikan diri. Karena lombanya sendiri itu ga singkat, memakan waktu sekitar 3 minggu, ditambah lagi, lombanya itu di bidang yang baru banget, bahkan bisa dibilang sebelum lomba ini, tidak pernah ada lomba tentang aktuaria untuk anak SMA. Jadi saya buletin tekad, saya mau menantang diri saya untuk keluar dari zona nyaman.

Selama pengerjaan paper, tentu saja banyak sekali kesulitan yang saya dan kelompok saya alami. Mulai dari, kita harus belajar dahulu tentang aktuaria, lalu membentuk model peramalan harga saham yang baik dengan cara trial and eror, belom lagi saat sudah menemukan model tetapi saat diuji tidak lulus, harus menulis paper dengan bahasa yang baik dan benar, ada juga kendala teknis dan banyak lagi kendala yang kami alami.

Tapi karena kami sudah daftar lomba itu, artinya kita udah berkomitmen untuk berjuang habis-habisan sampai hari pengumpulan papernya. Kalau dibilang mau nyerah dan ngelepas semuanya, pasti pernah, cuman ya balik lagi, karena saya ikut lomba ini, artinya saya udh komitmen untuk menyelesaikan sampai akhir.

Lomba ini memberikan  kami pengalaman yang berharga banget. Kami benar benar harus berjuang ditengah sibuknya tugas dan ujian sekolah. Waktu lomba, kita tidak memikirkan masalah menang atau kalah, karena emang saingannya juga berat-berat. Yang kami pikirkan saat itu, cuman untuk berjuang sekeras mungkin dan melakukan yang terbaik. Masalah hasil itu semua keputusan dari juri.

Awalnya ga nyangka bisa masuk final, apalagi sampe menang, karena ya secara, lomba ini bener bener berbobot untuk kelas anak SMA, dan juga bidangnya bener bener baru banget dan tidak pernah ada di kurikulum sekolah kita. Semua ini dapat kami capai karena kemurahan dari Tuhan.

Terlepas dari itu, kami juga menyadari tanpa bantuan dari alumni SMAK, dan guru pembimbing, kami tidak mungkin bisa mencapai posisi ini. Dibutuhkan kerjasama tim yang baik dan juga kerjasama antara murid dan guru guru. Kami sangat berterimakasih kepada segala pihak yang telah membantu dan mendunkung kami sehingga kami bisa memenangkan perlombaan ini.

 

 “Struggle that you do today is the single way to build a better future.”

 

We are proud of you

 

@penaburcirebon.id

@bpkpenaburofficial

@thata_riana

@harjonmunthe

@retno_hananingtyas

@tantriolen

#discoveryourtalent

#smakpenaburcirebon

#smakpenaburciptocirebon

#penaburcirebonid

#satuuntuksmak

https://www.instagram.com/p/CH6uVm7sG5r/?igshid=1293ovsa8u83c

Berita Lainnya

Jerrell Zefanya Tanumihardja kelas XII IPA 4 meraih juara 1 LCCE UPI 2020

Jerrell Zefanya Tanumihardja kelas XII IPA 4 meraih juara 1 LCCE UPI 2020

SMA Kristen Penabur Cirebon. Adalah pada ajang lomba “Youth...

OSIS SMAK 1 PENABUR CIREBON : 4 CALON KETUA OSIS GELAR ORASI SECARA ONLINE

OSIS SMAK 1 PENABUR CIREBON : 4 CALON KETUA OSIS GELAR ORASI SECARA ONLINE

Cirebon (SMAK 1 Penabur) - Empat Kandidat Calon Ketua SMAK 1 Penabur...

Info Terbaru

Banner

SISWA LOLOS KSN NASIONAL 2020
PPDB 2020/2021
Peserta Alumni di ajang The Voice of Germany

Hubungi Kami

SMA Kristen Penabur Cirebon

Galeri Foto

PPDB SMAK 2122 JTB
PILKETOS 2020/2021
PPDB SMAK 2122
Selamat Mengikuti PAS semester 1 tahun pelajaran 2020/2021
Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Ekonomi UPI 2020
ppdb smak penabur cirebon 2122

Statistik Kunjungan

Pengunjung Online:1
Hits Hari Ini:4
Total Hits:30403
Pengunjung Hari Ini:2
Total Pengunjung:10883

Jajak Pendapat

 Sangat menarik
 Menarik
 Cukup
 Jelek

Hasil Poling »

Video